Selasa, 26 November 2013

Duel BBM vs WhatsApp di Indonesia, Menang Mana?

Jakarta - Persaingan mobile messaging makin ketat dengan hadirnya BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform. WhatsApp masih lumayan dominan, namun BBM terindikasi mulai mengancam.
http://www.campaign.com/
Menurut survei yang digelar Device Research pada bulan November 2013, WhatsApp memimpin di berbagai wilayah seperti Afrika Selatan, Brazil dan Indonesia.
http://www.campaign.com/
Di Indonesia, WhatsApp punya pangsa pasar 43%. BBM menguntit di posisi dua dengan market share 37%, yang ditempel ketat oleh Line yang meraup 36% pasar.
http://www.campaign.com/
Secara keseluruhan, survei yang digelar di Amerika Serikat, Brazil, China, Afrika Selatan, dan Indonesia ini menempatkan WhatsApp di posisi pertama dengan pangsa pasar 44%. Kemudian berturut turut diikuti oleh Facebook Messenger, WeChat, Twitter, BBM dan Skype.
http://www.campaign.com/
BBM sendiri baru dirilis beberapa minggu lalu, namun mampu menuai minat yang signifikan. Jadi bukan tidak mungkin lama kelamaan, posisi BBM akan meningkat.
http://www.campaign.com/
BlackBerry sendiri mencoba memperluas jangkauan BBM dengan menginstallnya di beberapa merek ponsel lokal di Afrika, India, Indonesia, Amerika Latin dan Timur Tengah. 
http://www.campaign.com/
Untuk Indonesia, seperti detikINET kutip dari TechCrunch, Rabu (27/11/2013), vendor yang disasar misalnya seperti Evercoss, Imo, Mito, SNexian dan TiPhone.
http://www.campaign.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar